Apa Pengertian dan Perbedaan Teknologi 4G dan 4G LTE ?

Smartfrenpedia.com - Pengertian dan Perbedaan Teknologi 4G dan 4G LTE | Teknologi semakin hari semakin berkembang pesat. Begitu pula dengan teknologi komunikasi. Dengan semakin sibuknya berbagai kegiatan manusia, masyarakat menginginkan sebuah layanan komunikasi yang cepat dan murah. Untuk menjawab keinginan dari masyarakat itulah, mulai tahun 2015 Smartfren meluncurkan sebuah layanan bernama teknologi 4G LTE.


Pengertian dan Perbedaan Teknologi 4G dan 4G LTE


Kenapa namanya ada tambahan LTE ? kenapa tidak 4G saja ? Apa sih perbedaan teknologi 4G biasa dengan 4G LTE ? Mari simak pembahasannya di bawah ini :

1. Teknologi 4G

4G merupakan singkatan dari istilah fourth-generation technology. Istilah ini digunakan untuk menyebut standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. teknologi 4G merupakan hasil pengembangan dari standar generasi teknologi komunikasi sebelumnya yaitu, 3G dan 2G. Sistem 4G mampu untuk menyediakan jaringan pita lebar ultra yang dapat digunakan untuk berbagai perlengkapan elektronik, seperti smartphone dan PC.

Terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi.

Ada 2 standar 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMax (dari Korea Selatan mulai tahun 2006) dan standar LTE kepanjangan dari Long Term Evolution (dari Swedia tahun 2009)

[Baca Juga : Ponsel-Ponsel yang Dapat Mengakses Layanan Smartfren 4G LTE]

2. Teknologi 4G LTE

Sedangkan 4G LTE (Long Term Evolution) merupakan sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi dengan berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya ini tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah.

Teknologi 4G LTE disebut-sebut sebagai jaringan nirkabel tercepat di dunia untuk saat ini. Teknologi 4G LTE juga merupakan jaringan nirkabel yang paling cepat pertumbuhannya.

Spesifikasi dan Harga HP Smartfren Andromax R Full 4G LTE

Teknologi 4G LTE mampu download dengan kecepatan sampai dengan 300mbps dan upload 75mbps. LTE merupakan teknologi yang didaulat dapat menggantikan UMTS/HSDPA. LTE diperkirakan menjadi sebuah standarisasi telepon selular secara global yang pertama.

Demikian pembahasan Smartfrenpedia tentang pengertian dan perbedaan teknologi 4G dan 4G LTE. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Pengertian dan Perbedaan Teknologi 4G dan 4G LTE ?"

Posting Komentar